Introducing prayer to "peculiar" young children

the 5 times prayer is another thing we'd like to introduce early,
yaaa, biar terbiasa aja solat pada waktunya, jadi pas dewasa gak kagok...
kagok minta izin solat pas lagi miting, kagok ninggalin temen temen pas lagi kongkow,
gitulah... biar gak kaya ibuknya hahaha *ngaku juga ahirnya*

On Ar, as he's almost 7 right now, no problem. di sekolah rutin solat Zuhur,
dan bapak gue suka ngajak dia ke masjid, salat asar gitu. so it was easy peasy.
Kin, HOWEVER *lap keringet sebelum curhat*
she's... mmm, peculiar.

suatu hari, dia mogok solat, padahal kita semua udah siap tinggal takbir doang,
dia menolak untuk wudhu. hmmm... oke. gue bujuk, yuk wudhu, kita solat bareng,
dia geleng geleng, mulai drama, air mata ngembeng.
gue kesel, daripada solat jamaah nya gak jadi jadi, ahirnya kita tinggalin aja.
EH DIA NANGIS! sepanjang solat dia nangis, pas udah selesai, kita duduk bareng.
gue tanya: knapa Kin ngga mau solat? Kin ngga sayang sama Allah? padahal Allah sayang kamu.
dia jawab: aku nggak mau aja

uhmmm... oke, jadi dia gak mau, karna dia gak mau aja. no other reason.
for a moment, terjadilah moment #akukudupiye...
soalnya gini loh, kalo gue paksa "pokoknya kamu harus solat" yang ada dia makin menjadi jadi deh,
dan basically kita nggak mau maksa maksa anak to do whatever we want them to do,
akukan anaknya agak licik ya, aku sukanya jalur persuasi, jadi anak lakuin hal-hal dengan sukacita hatihepi.
karna mind set nya dia goes like this:

1. aku tau aku harus ... (on this case-solat)
2. tapi aku gak mau.
3. and that's that. titik.

NAHLOH... pola yang sama occurs when she was coughing, kan sakit batuk tuh,
ibu gue suruh dia minum kencur, dibujuk berkali kali, masih gak mau juga.
ditanya sama nyokap: emang kamu nggak tau ya kalo kencur itu bisa sembuhin batuk?
dia jawab: aku tau sih, tapi aku tuh nggak mau.

udah. titik. hahaha *pijet jidat*
jadi percuma kan gue paksa paksa, yang ada malah nanti dia solat karna terpaksa,
atau malah karna takut dimarahin gue...
yang gue pengen, dia solat karna emang dia tau, dia harus solat dan itu perintah Allah.
gak takut ama mami sih gapapa deh, tapi lo harus Maha Respek sama Yang Maha, nak.
setelah beberapa menit terjebak dalam #akukudupiye moment, ahirnya i went:

Allah sayang sekali sama kamu, kamu puasa, kamu berbuat baik, Allah seneng sama anak baik.
nah, anak baik itu solat 5 waktu.
Mama pasti seneng banget kalo kamu solat 5 waktu jadi anak solehah, karna mama selalu doa gitu,
tapi Allah lebih seneng lagi kalo kamu, bisa selalu jalanin apa yang Allah suruh.
Soalnya ada juga orang yang ngga lakuin apa yang Allah suruh, nah Allah bisa marah.
Coba pikirin, Kin lebih suka kalo disayang-sayang atau dimarain?

dia jawab: disayang sayang

NAILED IT! gue lanjutin:
Allah sayangnya banyak ke kamu, dan semakin kamu sayangnya banyak ke Allah,
Allah akan semakin sayang juga sama kamu.

UDAH sampe situ aja, tadinya mau disambung sama anceman kalo kamu gak nurut Allah,
Allah marah loh.
tapi gak jadi hahaha... threat is never a good thing (kalo kepepet IT IS hahaha),
dan gue yakin sifat Tuhan itu Maha Pengasih ya, jadi lets keep it that way.

terus gue suruh wudu tu anak, dia mau, tapi ditemenin, terus pas mau solat, maunya sama mama...
yakkk, solat lagi akik, diulanggg!!!

Comments

Shanti said…
wah jawabannya keren banget mbak! boleh dicontek yaa..

tfs mbak :)

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA