Oldie but goodie

recently, my dad built a really nice (AND ULTRA COOL) bus for Ar,
it was made out of hard board, and meticulously cut, carved and glued together.
i noticed papu (my dad) sitting around on the terrace that whole afternoon,
and i went WHOAAA when i saw the bus.
the wheels are actually moving, made out of foam, pipes and toothpicks (i think),
oh my awesome architect dad!!! *ciummm*


not only was i amazed about the result, but beyond that, our ideal thoughts actually comes to life.
gue & erw emang ngga biasain anak anak untuk selalu beli mainan,
toys event doesnt exist in our family hahaha, sadis amat ibuknyaaa!!!
ngga se sadis itu sihhh, tetep adaaa, tapi toys event bisa sesering gerhana bulan lah,
dan gak tentu waktunya, tergantung suka suka mamah papah aja hahaha.
we came a long way to this point, pernah gue ceritain disini.
and there goes my dad with his hand made bus. yayyy!!!

ahir ahir ini gue makin menggiring 'mainan' into educative-ish things untuk anak anak,
tapi ya ngga bener bener mainan edutaiment gitusih, we tried those, tapi anaknya bosyennn,
entah kurang menarik atau emang agak lame, but it failed zzz... mainannya kaga dimaenin cyin.

so we tweaked regular things, into kids' toys.
duluuu banget, we started with easy hat from newspaper hahaha, i made them,
terus pas lipetannya rusak, gue ga bisa ngulangin lagi norak banget aku kesulitan sekali lohhh.



then we made them a higher level of warrior hat hahaha, oh and the cape made from sarung.
every super heroes need a cape yes? ni ceritanya lagi mau kungfu.




another one was kapten amerika jadi jadian, dari tutup ember, terus dikasih pegangan,
yang mana pegangannya dibuat dari potongan selang, terus diiket pake kawat hahaha.
love you dad, love you a lot!
i drew the star, and we called it captain EMBERica, terus Ar bete dibilangin gitu hihihi *cubit*
ni lagi mau action, anak perempuan poni kuncir air mancur pose doang *gigit*



wiken kemarin, kita beliin Ar globe, alias bola dunia, karna dia udah mulai excited sama ilmu bumi,
terus mulai seneng banget baca, and he was so exciteddd about the globe!!!
sejalan pulang dari toko dipeluk terus kardusnya hihihi.



gue pengen anak anak gue goes oldschool, making toys out of everything,
ngga usah tergantung sama mainan dari toko, atau umur batere atau charger & colokan.
go play, do create anything our of everything, just go play and be happy.

i remember my younger days, karna adik gue masih bayi banget, jadi gue seringnya main sendiri,
i would pile up dad's books, terus bikin istana istana an.
princess nya dari pinsil hihihi, terus pinjem stabilo jadi penjaga istana nya.
ah norak banget kalo dipikir, but it makes me happy, really happy.

kadang kadang main di deket kolam ikan, kebetulan ada kaya small stream nya gitu,
dari kolam pompa, menuju kolam ikan nya.
jadi gue suka main disitu, bawa mainan mainan plastik, bikin rumah rumahan,
terus nanti ceritanya karakternya ada yang hanyut kebawa air, terus ditolong sama temen temennya.
happy times!!! *ngga harus kerja mikirin deadline hahaha**lhaaa curhat*

i'm not against gadget, i believe it contributes generous things to our present lives,
but for kids, i really prefer oldie bu goodie style, oldskul ajalah, back to our root,
back to the root where kids are kids. gausah worry tentang batre, charger & colokan.

i personally don't see anything but addiction, atau masalah disturbed behavior & manner,
misalnya di acara kumpul kumpul, where everyone supposed to meet & greet,
ada yang asik sendiri sama gadgetnya, ga mau interaksi sama manusia lain,
and they're barely 6. *sigh*

i firmly avoid that. that from happening to my kids, ya, my kids. inget loh, my kids hahaha.
disclaimer nya panjang takut dilempar ipad sama ibuk ibuk ekstrimis,
*siap siap nampanin ipad second*

begitulah, maybe i freaked out. so be it, biarin ajalah ya, idup juga idup gua kok hahaha.
dan sorry loh hal hal yang diajarin gadget, actually sangat bisa diajarin manual aja.
like reading, counting, english, bisa dari cara lain sih menurut gue.
karna kan kita tau sendiri, anak anak tu cepet banget nangkep apa apa, just happend recently to us.

jadi beberapa bulan lalu, Ar pentas seni, nyanyi lagu kalimantan, cik cik periuk,
ih gue amazed. kok bisa hafal ya anak anak ini? tepok tangan untuk bu guruuu!
udah gitu Ar seem to enjoy the song so much, diulang ulang terus,
adiknya ketularan nyanyi, padahal cuma dari denger denger doang dari mulut kakaknya.

abis itu kita setel lah CD lagu tradisional di mobil, jadi tiap naik mobil, anak anak dengerin,
lagunya bagus bagus banget, aransemen bang elfa, terus medley gitu, keren...
jadi ortu hepi, anak hepi juga. tiba tiba suatu sore tu anak dua cekikikan, nanyi:

"eee, yangko yangke yangkooo, arowawaaa, kombeee..."

lhaaa dia hafal hahaha, walopun kata katanya salah salah gituye hihihi,
soalnya belom gue ajarin juga kata kata yang benernya apaan.
tapi dia hafal! it happens to other dozen other songs, hebring!

i believe if we play enough english songs, mereka pasti akan bisa ngomong inggris dengan gampang.
and to be honest, i got part my english from listening to ma's CD 1989 Platinum hits,
dengan lagu pertama yaitu hard to say i'm sorry by the chicago.
dan itu lagu gue ulang ulang ulang ulang ulang ulang ulang ulang ulang ulang,
sambil baca teks ya, karna gue pengen bisa nyanyi sesuai sama peter cetera,
dan kata kata:

"after all we've been through. i will make it up to you, i promise you..."

kata kata through nya itu lohhh, belibet abis lidah gue yang jawa sunda inih,
makanya gue ulang ulang ulang ulang ulang ulang, sampe bisa ngomong persisss om peter.
dari situ gue belajar, bahwa belajar inggris bisa dari lagu yaaa,
cuma ya pilih lagunya yang bener, kalo pitbull, kurang cocok cyin, dia jarang ngomong inggris,
kecuali

"dug dug dug jeduk jeduk... mister worldwide!"

hahaha... udah gitu doang lagunya dia yang gue inget hahaha...
pilihlah lagu lagu pendek macem the beatles, atau kalo indonesia, mocca is one of the best,
karna apa?
karna pronunciation mereka bagus, jadi kita bisa ketularan punya native tongue.
hahaha, well anyway, skarang ibuknya udah lancar ngomong basa inggris, tinggal anaknya,
berarti saatnya cekokin lagu the beatles!
and CD player is enough for us, for now.

cherio!
risti

Comments

Anonymous said…
aku tuh susah loh bumimut, hidup tanpa gadget. sampe2 udah uninstall path (tapi akan reinstall lg segera), instagram, wordpress.... tapi masih gelisah aja klo nggak megang hp dan mata ngeliat hp.

so i'm supporting you with the nggak-gadget2an-dulu for ar and k, right now. klo harus nyandu gadget (amit2 sih ya), ya ntar2 ajalah klo udah gede. lets say, when they're 40 or 50 years old gitu, hahahaa.....
Anonymous said…
interesting blog! seneng baca cerita2nya... :)

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA