Ar is anak SD

HAMDALAHHH PEMIRSAHHH!!!
pengumuman masuk SD udah ada, dan alhamdulilah Ar masukkk, yayyy!
karna pas juga adiknya masuk TK, jadi aku bokek tapi hepi judulnya hahaha.

proses milih sekolahnya sih ngga terlalu ribet karna saya udah terlalu fusing tujuh keliling,
kita mutusin untuk tinggal pindah unit aja, dari TK ke SD yang sama di pondok labu raya itu.
udah deh beres hahaha. alhamdulilah ada rejeki, ada jalan. aminnn.
lagian frankly speaking ngga ada banyak waktu untuk survei kesana kemari...
sempet sih cari sekolah cadangan, just in case ga diterima di SD pondok labu raya.
deket deket lebak bulus juga, akupun hepi sama metode pengajarannya,
tapi ternyata he got in di sekolah tujuan utama! yay!!!
jadi practically gue & erw easy banget, ngga masalah dalam menentukan sekolah SD,
we love the location, the facilities, the teachers, the crowd...

soal dicap sekolahan anak borju, ah itumah tergantung anaknya sih, dibekelin apa dari rumah,
i'm a survivor tho, anak perempuan tak punya barbie!
jadi judulnya: let the journey begin!
bu mimut udah siap ngga nonton tivi sebelum anak-anak tidur.

selain masalah umur yang kurang sebulan yang selalu mendera dera hatiku selama ini,
perihal kemampuan calistung ini pasti sungguh ikrib sama ibu ibu yang anaknya mau masuk SD.
yes? apa ini cuma gue doang ya yang ikrib? hahaha

tapi pernah denger kan, konon kabarnya anak mau masuk SD tu dites calistung,
kalo ngga bisa, ya ngga bisa masuk SD ybs. panik yes?
yes banget kalo saya mah hahaha *panik tapi ngguyu**aku memang edyan*

karna udah kemakan duluan sama cerita cerita konon, ya jelas lah gue juga panik.
lha kalo ngga bisa calistung ga akan bisa diterima di SD idaman loh!!! pigimana?
lantas gue pernah nanya, perlu ga sih anak diajarin calistung lebih dini?
jawaban bu guru di TK nya Ar sekarang ini: gausah buuu, jangaaan!

hah? serius bu? gausah ikut kumonita sakamono gitu?
gausah buuu, biarin aja anak belajar secara natural, jangan dipaksaaa...
ooo gitu ya...

yaudah deh, gue coba aja ajarin konsep angka, eh lumayannn...
karna dari kecil emang suka ngomong "satu dua tiga" gitu kan, jadi dia udah akrab,
tinggal sering sering aja diulang, terus sama mainan jari "jari 2 gimana?"
gitu... beres... anaknya udah ngerti konsep bilangan.
dan lama lama bisa juga berhitung sampe puluhan. legaaa.

nah untuk baca tulis, yang ada gue cuma pancing pancing Ar, beliin dia buku buku tracing huruf,
terus sembari kenalin alfabet, ini A, ini B, ini C dll dsb.
does it work? tidaks. it doesn't work.
i'm sorry, kurang lantang untuk menjelaskan hatiku yang dulu gundah. IT DOESN'T WORK!
there...

aku pingin pingsan aja rasanyaaa... emang sih waktu itu baru masuk tahun ajaran baru ke di kelas B,
tapi kan tapi kan tapi kan, aku parnooo!

dan gue ga inget sama sekali, dulu gimana caranya gue bisa baca hahaha...
berkali kali gue mancing mancing supaya dia mau perhatiin bentuk huruf & inget inget,
it doesn't work. dari sempet parno "gimana kalo anak gue ga bisa baca pas masuk SD?"
gue balik lagi ke 'janji' gue, untuk biarin sekolah nge-lead pendidikan formal.
dari situ gue mundur teratur. mundur teratur, sampe suatu hari Ar sebutin huruf huruf,
voluntarily and happily! terus tau kalo huruf B ketemu U bunyinya BU.
aku meringis bahagiya. aslikkk bahagia banget. ini anak belum sempet gue ajarin apa apaaa,
tapi kok tiba tiba bisaaa?
terus dulu gue paksa paksa untuk kenal huruf dan tracing, tiba tiba dia nulis nulis sendiriii,
dan rajin minta kertas bekas untuk dia coret coretin sambil digambar gambarin. hihihi.

and i think this is how they do it at school:
1. vocabulary
pas masuk TK B normally anak udah tau yaaa nama nama benda, terutama benda yang ada disekolah,
cukup common lah... jarang juga kan sekolah yang ada ekskavator nya atau ada belut listrik.
good foundation of vocabulary is critical on this point.
karna sekolah Ar kurikulumnya semua basa indonesia, it went well.

2. how is it in writing
dari situ bu guru kasi tau tulisannya. kata BUKU, tulisannya begini, kata MEJA tulisannya begitu,
di semua benda benda ditempelin label, ejaanya benda itu.
sepertinya anak lebih mudah ingat bentuk huruf huruf yang membentuk sebuah kata,
daripada hanya kata kata tak bermakna, yang dia juga gak bakalan inget.
atau suara misteri sekalian misalnya... sulit men.

3. persamaan dan perbedaan bunyi
drillingnya dari situ adalah, kata BU-KU, awalannya sama dengan kata BU-LAT, 
kata BU-KU, ahirannya sama dengan kata PA-KU. gituuu... 
waktu itu gue sempet hadir di open house nya kelas Ar, jadi bu guru demonstrasi lah, 
how things are taught in this school. seruuu, dan anak anak antusias banget partisipasi!
di sekolah Ar, semuanya materi dibikin dalam games games-an, jadi anak tu kaya sambil main, 
entah sambil menyusun binatang binatang kecil, atau masukin biji saga ke dalam toples, 
anything! semuanya dalam khasanah main, tapi ajaibnya... ajaibnyaaa...
materi pelajarannya tuh bener bener sampe, dan suka dia ulang ulang terus dirumah.

4. when they're ready, they will ask for it
menurut gue ini kunci terpenting, do give a little push, ketika anak udah merasa dia butuh.
otherwise, jangan. this is a slap in the face juga untuk gue hahaha, yang suka ambi yaaa. yamaappp!

pinginnya buru buru ngajarin alfabet, dari Ar umur 2 btw, gue beli stiker alfabet ditempel di kamar.
lebei bengettt kakakkk, i knowww. biarin aja ahhh hihihi!!!
tapi dulu ngga tau bahwa anak butuh meaning, anak butuh makna. daripada sekedar hafal.
skolah ini ngajarin gue untuk take things slow, embrace every pace a kid make,
dan terpenting make the best of it.

gausah buru buru anaknya pingin bisa ngafalin alfabet, kalo ternyata dia pinter juga pasang lego,
yaudaaah, temenin aja dia bikin lego mobil, sambil cerita, kalo mobil ni biasanya rodanya ada 4,
instead of ngajarin alfabet, ajarin berhitung aja! ngitung ban mobil, satu dua tiga empat!
be with them, liat anak, ikuti minatnya dan milestone nya.
kalo belum bisa duduk diem tenang tracing huruf, jangan syedih cyinnn!  so be it. let him be.
let him do what he like and without losing our mommies-eagle-eye sight,
of course, musti tetep waspada kan, kalo ternyata anak kita butuh perhatian khusus yang lain.
karna ketika dia tau it's meaninful, dan berguna (something like: yayyy! aku bisa baca buku sendiri!), 
udah deh, they will ask for more. dan kita dengan gampang bisa dampingi mereka.

all in all, i guess i'm pretty lucky, Ar is not a reluctant learner, he loves it, he loves new things, 
makanya dirumah, gue tinggal dorong dikit dikit aja, ajakin dia lebih sering baca buku misalnya.

nah, terus si tes konon itu, beneran?
gatau juga si hahaha, karna kok Ar ngga ada pemberitahuan tes SNPTN, tau tau diterima aja gitu,
tapi pasti sih diobservasi sama guru SD, ngga mungkin engga yaaa...
hal hal lain yang diperhatiin menurut gue termasuk kemandirian, bisa menuruti aturan & norma,
lebih ke gitu-gitu sih, karna kelas 1 SD pondok labu nya konon kabarnya masih didampingi guru.
jadi soal baca tulis di kelas dll kayanya masih akan disapih. so i wouldn't worry.
dan kurikulum memang kita pilih nasional, supaya ngga keberatan ini itu lah,
yang utama aja dulu, kaya bahasa inggris comes second buat kita...
but i guess ini pertimbangan cukup penting juga untuk orang tua yang lagi nyari SD ya.
karna aku & erw dulu sekolahnya ngga basa basa inggris, basa endonesa aja,
tapi cukup lah tiasa nyarios inggris teh.

begitulahhh cerita tentang calistung kali ini, baca tulis yang membuat sintung eh sinting!


Comments

Unknown said…
Waaah, asik sudah masuk usia SD. Hihihi. Ngintipin tips and tricknya Mba :D
risti said…
silakannn daniii, siyap siyappp hahaha, gue sih, yang siap siap tegang ngadepin UTS dan kroni kroninya hahaha

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA