I did it buuuswaaay

jakarta yang udah macet keterlaluan banget banget,
membuat gue harus spare waktu paling ngga 2 jam untuk berangkat miting,
nggilani banget... apalagi kalo mitingnya jam jam orang berangkat kantor,
wadehhh... udah mana deg degan takut telat, jalanan suka stuckkk on you.
belom lagi ya, kadang kadang nyari taksi tu susahhh banget,
pake apps kaga nyaut, ditelfon suru waiting list, antri di mall juga suka penuh.
ada sih, naik mobil, tapi gue trauma bawa mobil ke tengah kota,
erw ngga suggest samasekali.

yang terahir adalah grogi sama pintu tol, terus salah keluar tol,
jadi musti ngabisin seharian dijalan padat bersama truk truk kontainer raksasa yang lelet,
dari 1 miting di bekasi pagi pagi, ke miting yang lain di rasuna jam 3 sore.
asli dijalan aja gitu, nyupir. ngga sempet makan, ngga sampet ngapa ngapain.
idih pait banget.

udah gitu pulangnya, karna 3in1 dan gue ngga hafal plus linglung,
salah jugak ambil jalur, ahirnya ditangkep polisi, terus gua acting sedih aja,
belagak jadi perempuan lemah yang kesasar. kesasar nya sih beneran, lemahnya engga.
terus dia bantuin deh, lewat jalan tikus, ahirnya gue kembali ke jalan yang benar.
sampe rumah, selain capek bangettt, rasanya tuh sedih banget,
ngabisin segitu banyak waktu di jalan, for nothing.
kebayang perasaan orang orang yang tiap hari ngalamin ini. uhuuu pingin aku peyuk.

ahirnya udah sebulanan terahir ini, gue mencoba gaya ewan & charlie...
traveling by all means.
artinya, dari kantor naik taksi standar proserdur kantor,
terus ya liat aja... kalo nyampe, ya nyampe. kalo udah mepet banget,
kayanya gak akan kekejar, langsung pindah sarana transportasi. busway, kovaja,
atau kalo udah mepet biasanya ozex. sampe dengan selamat, kerudung bau bau knalpot,
doesn't matter. yang penting nyampe.

menerapkan by all means ini ya ngga gampang jugak, karna semuanya serba tak pasti,
bis jakarta ngga ada jam nya bowww, yang ada paling trans bintaro-bsd aja,
selebihnya, yaaa... jam... bumonyet kalideh!
udah kaya abg pacaran, serba tak pasti judulnya...
gue sering mikir, kalo jason bourne dikejar kejar di jakarta,
wuaduhhh, dia pasti ketangkepnya di stasiun/ halte. karna kaga pasti lewatnya, hahaha.
kaga kaya di eropa gitu, itungannya by minutes dan pasti tepat.

bukanya gue negatif ya, gue si truly menghargai banget usaha pemda DKI untuk hal ini,
tapi mustinya dimulai 20 taun lalu tetep ahir ahirnya nyalahin mehehehe...
yang lebih penting buat gue adalah, kesiapain mental manis manja ini,
sebenernya, kita mau gaksi naik sarana transportasi umum?

forecasting to the future improvement of jak's public transportation,
menurut gue ga akan bisa 100% membantu improving the city life,
kalooo kita kita gak mau jugak naik transportasi umum.
mendingan kredit motor ajalah, atau beli mobil murah gitu...
karna naik kendaraan pribadi, ya lebih enak. lebih cabcus yahhh, kaga ribet ya neik,
mau ke tempat tujuan A, yaudah kesitu aja. langsung sampe.

tapi daripada mikirin:
"kalo suatu saat udah lebih baik, orang lain pada mau gak ya naik transportasi umum?"
mendingan mikirin gue sendiri aja: siap gak ya gue naik transportasi umum?

alhamdulilah dari SD kelas 3, si mamah decided not to pick me up after school,
nor take me to my english lesson at panglima polim.
jadiii gue selalu pulang sekolah-berangkat pulang les naik kovaja atau patas AC,
jalan agak jauh, kepanasan kering nungguin bis, dempet dempetan, udah ikribbb dari kecil.

waktu itu, abis miting sama vendor di daerah non jajahan,
lama banget nungguin taksi di gunung sahari pas jam pulang kantor,
okeh, nungguin taksi gak ada yang kosong...
langsung ke halte busway ajadeh, rencananya naik ke arah kota, lanjut sampe kantor.
ehhh lama benerrr kaga diangkut angkut,

halte udah mulai penuh sesek, tiap busway yang lewat selalu penuh.
ahirnya gue inisiatif aja, ambil arah sebaliknya, karna gue intip kok kosong muluk,
jadi kearah manggadua, nanti sambung ke kota, lanjutin ke arah blok m darisitu.
yaudah okesip deh. naik aja ke arah mangga dua.
ketika gue lewatin halte halte lain, ternyata halte lain sebelum sahari itu finuhhh,
ya allah... kalo gue tadi tetep ngendon, kapannn ya gua diangkut?
hadehhh... kebayang, ksian mbak mbak yang antri bareng gue di halte tadi.
pada sampe jam berapa ituuu dirumaaah?

kemarin waktu miting di rasuna & musti pindah tempat, gue kembali ber kovaja.
rasanya sama ajahhh kaya dulu. as in, itu bis nya serasa sama persisss sama 20 taun lalu.
bis nya ya gitu aja... kaga dibagusin acan gitu. tetep aja gitu... reyot.
terus jarak antar kursinya, ya tetep sempittt, karna dulu gue mungil, kaga terlalu berasa.
nah kemarin kok berasa amattt sempitnya... but to be honest, seru sih...
challenge nya nambah, skarang kalo naik kovaja musti bawa tas, laptop, sama pake high heels.
alhamdulilah kaga kagok, my inner kenek comes up rite away hahaha.
dan honestly, i don't mind loh! beneran...

sebulan terahir ini, niatan doing it bus-way makin merongronggg,
karna emang lebih cepet banget, apalagi kalo miting sudirman rasuna-an.
walopun downside nya ya ada...
ngga dapet duduk sih ngga masalah buat gua.
dulu pernah ya, naik bis dari solo ke jokja bediri. ondeee mande!!!

yang aga kurang menyenangkan adalah, kalo udara lagi lembab ngga enak,
pengap, terus badan suka gampang keringetan, serasa kurang kece kalo pas miting.
belom lagi kalo di angkutan ketemu bau bau, hufff... untungnya ngga se brutal indihe sih,
tapi tetep aje ganggu.

aku gak pernah sampe berasa ngambang karna kejepit manusia sih, kaya si puspi huhuhu.
paling kadang kadang gue kejepit sampe muka orang lain bener bener dekettt,
like 5 cm didepan muka gua, haihhh!!!
ngga ngerti deh, kalo udah tau tujuannya masih jauh, masuk aja ke dalem bis ngapa?
jangan pada bediri di deket pintu masuk dooong.
hadehhh, dasar urdu!!! biasanya naik sapi sih ya, kaga pake pintu.
maap esmosi.

soalnya pas kejadian itu, ahirnya gue maksa beringsut gerak ke bagian dalam bus,
yang masih agak kosong, dengan agak teriak "misi masss, misi pakkk, mau masuk kedalam."
terus pas keluar, ya teriak lagi "misi masss, misi pakkk, mau turun di depan. misiii misiii."
terus menginjak halte dengan hati kesyal. tapi lalu syenang, karna disambut erw, di halte. ihi.

sejak pindah ke lebakbulus ini, gue sama erw suka jalan kaki keluar, terus jajan,
waktu itu ke pondok indah, bersih sehat hahaha... terus shabu shabu date,
pulangnya jalan kaki juga.
dan pas pulang, bener aja, akses jalan ke rumah macettt cet cettt, uhuuu...
untung kita jalan, jadi cepet sampe.
i think it was a fun date, bak jalan jalan di singapur aja, atau di nusa dua.
kita tetep gandengan tangan, meskipun kaga bisa ngobrol,
karna ada galian, jadi jalannya gak bisa jejer jejeran mesra ala anak remaja,
plus ngeri juga kesamber motor kalo meleng.

but still... i actually enjoyed it, gak sabar sampe MRT nya jadi,
gak sabar jakarta kaya kota kota lain, punya sarana umum yang bagus,
mudah mudahan nanti kita bisa lebih cepet lagi kemana mana, plus aman, bersih juga.
ehe ehe... kebanyakan ngayal babuk kayanya inihhh...
mudah mudahan by then, niat gue masih tebel kaya hari ini, pingin gunain sarana umum,
pingin bikin jakarta lebih enak.
mudah mudahan by the time jokowi ahok berhasil bikin sarana umum lebih enak,
gue masih tetep doing it my way. bus-way.


picture from gettyimages

Comments

Anonymous said…
impian semua orang yg tinggal di jabodetabek.. macetnya berkurang, sarana umum dan transportasinya bagus... andaikan org2 yg udh dikasih kepercayaan memperbaiki negeri ini tdk saling menyalahkan, tapi saling bahu membahu dan jujur... kapan ya? hiks
Anonymous said…
I so feel you Mba Risti. Saya ama istri udah diskusi kalo misalkan Aaqil agak gedean juga mau diajakin ngebusway. Karena masih toddler dan belom bisa ngapa-ngapain apalagi kalo minta nyusu makanya milih naik kendaraan sendiri. Tapinya sih bener banget. Ngabisin 2 jam di jalanan itu serasa gila. Kadang sampe pengen garuk-garuk aspal jalanan saking frustasinya..
Unknown said…
semoga macetnya Jkt semakin berkurang, dan angkutan umumnya semakin bgus di thn 2014 ini..:)
btw, salam kenal mbak risti..:)
risti said…
@ristin: nah itu dia pertanyaannya hahaha, kapan ya? tapi capek sih ya kalo nungguin orang orang. akusih mendingan mulai dari diri sendiri ajah hihihi

@dani: yoi dan, kalo perlu gak cuma aspal, garuk garuk apapun deh rasanya kalo bisa ngilangin kesel pasti gue jabanin hahaha

@rhey: aminnn. salam kenal juga yah :)

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA