A pair of kidlets

temen temen deket gue banyak yang baru lahiraaan!
atau lagi hamil anak keee... duwa hahaha.
sebagai veteran hamil ehm-amin spiralnya gak kebobolan, aku ikut syenaaang!
ngikutin crita ibuk ibuk yang mual mual lagi, begadang lagi, hihihi.
i love you girls!
menyambut hatiku yang ikutan excited sama pregnancy,
and the arrival of the their newest family member,
here's some worthy post, about my pair of kidlets.

waktu kinan masih di perut, gue preambule dulu sama arka,
nanti akan ada adik kecil, bayi, belum bisa apa-apa,
cuma bisa minum susu aja, terus digendong mamah,
arka musti bantuin mama papa jagain adik ya.
harapannya, mudah mudahan ngga cemburu.
kenyataan... ya tetep ada... apalagi pas adiknya udah masuk tahap manusia sempurna,
wadooo, nggilani banget si arka. apa apa musti ditemenin gue.
apa apa musti digendong mamah, sampe adiknya udah posisi turun,
miring lagi. uhuk...

gue kena masa syulittt di awalnya, waktu gue hamil. karna suster yang pegang arka,
gue turun-ranjang-kan untuk pegang kinan. huhuhu...
pertimbangannya, karna suster ini senior, dan bisa pegang bayi merah.
plus menurut gue arka udah cukup gede untuk bisa cooperate with new nanny.
i've never been so wrong. hiks.

tapi waktu adiknya lahir, he was excited!
pegangin boks bayi dirumah sakit, pegangin jari kinan yang kecil, towel kupingnya,
kaya giniii


jealous moment was barely there when kinan arrived,
karna arka nya gue 'setel' untuk lekat sama erw, dan yang lain selain gue.
dari awal banget adiknya pulang kerumah, gue mulai adakan involvement,
suruh suruh dia ambil popok, ambilin ini itu, peganging tangan adiknya kalo abis mandi.
those cute stuff ihihihi... disitu baru deh kayanya dia ngeh,
there's another smaller person in the house.
personally gue ngga terlalu ngeh, kapan tepatnya arka coping with the new sister,
all i know is, yang tadinya dia marah marah terus, ahirnya mereda.
sepertinya ada andil dari sekolah juga, waktu itu baru masuk taman bermain.
jadi dia ada kesibukan sendiri... kali ya... kali. hahaha!

a pair of kidlets semakin seru ketika yang kecil mulai keluar ego nya.
mulai tau makna diri, mulai tau "aku", mulai tau apa yang aku suka apa yang engga.
then berantem is a must. hahaha... i kid you not.
seakur apapunnn saudara sedarah, pasti ada deh berantemnya.
gue aja segitu manis manja sama si nenox, pernah kok lempar lemparan sendal kayu.
that's what sibling is... they're their first bestfriend.
temen berantem pertama, temen rebutan, temen seneng seneng, you know...

sekarang makin berasa banget kalo mereka tuh deket,
despite of sering rebutan ini itu, sering ledek ledekan,
sering ngadu ngadu-an ke gue... but i know they love each other.
kalo lagi dirumah, arka selalu panggil kinan kalo ada yang menarik di tv.
terus mereka ngobrol, kaya sok ngerti gitu sama tayangan tivi nya. hahaha...
setiap kinan pulang sekolah, dia semangat banget nyambut arka di gerbang,
abis itu gandengan...
arka kenalin kinan ke temen temennya, ke bu guru juga.
hihihi... suasana anget kemringet matahari siang menambah anget hati akuhhh.

rules are applied similarly. karna aku memang tipe ibuk ibuk semi militer galak judes,
aturan rumah ngga ada yang gue buat berbeda, kecuali untuk beberapa hal detail,
kaya: arka kalo makan harus duduk di meja sampai selesai dan harus makan sendiri.
adiknya-karna belum bisa duduk tenang the whole meal-masih boleh disuapin.
some adjustment i made, simply karna kinan jauh lebih kecil.

but some regular rules are kept, kaya: kalo di mobil, ya duduk.
duduk, atau siap siap aja kenal omel ibu mimut, diturunin di jalan. that's the rule
iyahhh!!! sadis yaaa akuuu.
buah kesadisan ini ada kok, anak anak jadi saling mengingatkan hahaha. lucuk!

i compliment both equally, even for a tiny bity achievement,
terutama yang berhubungan sama kemandirian mereka.
kinan bisa makan sepiring bayem sendiri, arka bisa kancingin baju sendiri.
tepuk tangan is the easiest way to fly a heart.
iyalohhh, kita aja pasti seneng kan kalo kerjaan kita baik, terus dihargain sama orang.
apalagi ama klien, yang appreciate a lot, wuidiii, hepiii...
same thing with kids, i guess. dan tepok tangan tu gampang banget loh hahaha,
tinggal kedua tangan aja disatuin, ditepok. nah! gampang hahaha.
yet it will influence a lot on that little person's personality loh. canggih ya!

kalo umur anak anak deket, when one of the kid is unwell,
atas izin Allah, cuma si sakit aja yang sakit.
tapi yang sering kejadian, satu sakit, satu-dua hari satunya lagi sakit jugak.
uhukkk... jadiii siapkan dobel mental dan pil anti panik hahaha.
alhamdulilah anak anak gue sih sakitnya sakit standar aja,
tapi ya kalo satu udah sakit, siap siap ajadeh, tenggak vitamin c,
makan yang bener, supaya ngga ikut ketularan, atau ngga ikutan ambruk.

how are we in the romance department?
yahhh, karna erw tu kaga ada romantis romantis nya, yaaa tetep aja datar hahaha.
adanya dua bocil, tentunya waktu waktu kita udah habis finito entekkk nek boso jowo.
udah mana gue sekolah pun, ga selalu bisa pulang tenggo pun, yowis. entekkk.
makanyaaa, i apply the date night rule. ih gilak banci aturan banget sih gue!!! 
oh pasti manifestasi dari cita cita waktu kecil pingin jadi polwan whahaha!!!

tapi ini beneran membantu. works like magic to me and erw.
dalam sebulan, paling ngga ada 1 kali, gue pergi berduaan sama dia.
entah cuma ke supermarket beli sayuran, atau nonton, makan, atau nge gym terus cuci mata.
satu kali. kita pergi ngga buru buru, tapi ngga kelamaan jugak hahaha.
kita ngobrol, makan sambil santai, terus pulang pulang fresh, tinggal main sama anak anak.
cuma buat sesegeran aja, karna kita berdua sama sama kerja, sama sama penuhhh otaknya.
once in a while batin gue perlu jeda, makan restoran dengan tenang, belanja dengan tenang,
ngobrol ngalor ngidul dengan tenang.
"tapi kan pergi pergi bawa nanny bisa ngobrol dengan tenang." mmmh not really.
karna kita sebenernya jarang ada waktu pergi, jadi pinginnya kalo pergi ya berempat ajah.
mbak nanny istirohat dirumah, ksian lagian... udah tiap hari nemenin anak anak.

AND an occasional honeymoon hahaha.
penting-penting tapi gak penting sih, soalnya yaaa gitu deh, kalo ada duitnya sih enak ya.
tinggal cusss, tunjuk aja petanya.
Teteuppp, kalo kita pergi pergi liburan, pinginnya ngga sama nanny, biar intimate.
kemarin sih sempet sama kakek nenek nya, tapiiii...
ya mana lah gua tega ngerepotin ibu bapak gua yakannn, mereka juga pingin libur.
jadi yaaa... ahirnya rempong berdua si er deh hahaha.
fun sihhh, but to be honest, gue si gak merasakan bekas bekas liburan dalam batin inih.
seneng sihhh liat anak anak hepi, ke tempat tempat baru, excited cerita ini itu diulang ulang.
tapiii yaaa, tetep aja jatohnya remfonggg yahhh ngurusin dua balita.
not that i hate it, i still find my own way of enjoying motherhood kok.
tapi ya boong lah kalo dibilang ngga capek hahaha.
mana kadang kadang ada juga gue yang malah berantem sama erw. yaelahhh, capedehhh.
makanya sekarang kita terapkan occasional hanimun ini,
so far baru terlaksana satu kali, mudah mudahannn terlaksana lagiii hihihi.

terpenting terahir, let things go.
gue yang sungguh ambi, punya cita cita dipandang sebagai supermom,
ibu hebattt perkasa!
end up nya suka malu ngaku, kalo gue sebenernya capek, kalo gue sebenernya kesel.
erw told me to brutally express my feelings, whatever i'm feeling,
dia encourage gue untuk cerita, untuk bilang. to let go any of my thoughts.
sehingga ahirnya beban gue teringankan, karna ada bantuan bantuan alhamdulilah.

for me, being ambisius aja gak cukup... harus dicampur sama obsesifff hahaha.
waktu arka kecil, gue lumayan obses dan ambiii sama hal hal ke-bayi-an.
semuanya pake label KUDU, tanpa meng-. kalo itu buah. mengkudu.
ahirnya apa? capekkk hahaha.
udah gitu sempet mem-bench mark-kan diri kepada orang lain.
yaolooo gilak dah, mikir apasih gue ?
sok mencoba ikut ikutan orang lain dalam membesarkan anak,
it was a BIG NO NO.
ambil yang baik baiknya boleh, harus! kita kan musti terus belajar.
tapi untuk terapkan plek plekan? i stopped trying a long time ago.

makanya lama lama binasa deh tu, segala ke perfeksionis-an yang sempet gue bina.
waktu kinan hadir, i put the major things on priority, and i let go the minors.
gak apa apaaa, ngga makan kabocha. sawi putih gerobak sayur pun oke.
tapi 4 sehat 5 sempurna setiap hari.
daripada setresss musti mampir supermarket impor beli kabocha,
padahal masih banyak hal lain yang harus diselesaiin.
gak apa apaaa, samponya panten*, bukan sampo bayi,
tapi keramas yang rajin & bersih supaya kepala ngga acemmm.

worthy notes from petitepoppies, about the most important thing a mommy should keep.
apalagi kalo ibuknya kerja, ngga bisa full time dirumah sayang sayangan sama bocil,
apalagi kalo ibuknya sekolah jugak, pulang midnite on schoolnite,
wiken pasti ngelayap studygroup, curhat much?!
these words particularly sum up everything i'm trying to do, in raising two kidlets.

let go of the checklist, just be there.
be there for them, be there with them.
make the most of your time for them.

jadiii, yang ingin/ sedang/ menantikan/ the newest member on the family,
selamat berjuwang yah!

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA