Digitally well mannered

tau doong, jaman sekarang balita 1.5 taun udah pinter banget mainan gadget,
tau juga kannn... nenek kakek nya aka our parents are connected digitally sama peernya.
gue sebagai penganut ajaran urdu konvensional masa lalu, sih ngga terlalu berkiblat kesana.
dalam arti kata, gue gak memberikan anak gadget khusus untuk mereka,
sepertinya sampe mereka 15 taun. amin.
satu satunya mainan gadget adalah aipon gue, dan kalo gue bilang stop.
they know they have to stop. jadi cuma sebatas itu.
plus dan gak punya tablet jugak sih ngoahahaha...

but i do respect other people yang gemar sekali bergadget ria,
sampe balitanya didorong di stroller sambil mangku tablet,
anaknya makan di restoran sambil rewel karna mau main sambil makan,
ibunya foto foto instagram terus, bapaknya pantau detik.com terus.
oh wait... yang kalimat terahir itu aku & erw. hihihi.

the thing is, makin kesini, gue makin tau, bahwa ngga semua orang tau,
oke sori ini knapa bahasanya belibet bener sih?
ngga semua orang tau caranya digitally well mannered.
if such word exist-of course. 
OH WAITTT!!! IT DOES hahaha, aku abis googling.

punya table-iphone-bb-android-tyroid, atau apapunnn,
sure anyone with money can buy or ngutang kartu kredit.
don't get me wrong, gue si bebas bebas aja... selowww, santeyyy.
terserah lah, bukan urusan gue jugak ya.
tapi menjadi sedikit jadi urusan gue, kalo gue terganggu.

agak terganggu pertama... adalah kalo lagi ngobrol sama orang,
terus tiba tiba orang itu liat hp & langsung go freeze.
ngga permisa permisi dulu sama pemirsa yang lagi diajak ngobrol yaitu gue
reminds me a lot of this character in rango, beans. the cicak.
dia kalo ngomong kan suka tercicak cicak, langsung freeze gitu tiba tiba.
sampe di rango nya bingung.


yaaa... gue menghargai kok urusan lain yang lebih penting daripada ngobrol sama gue,
tapi at least... bilang dulu kek "bentar ya, bentar i gotta get this."
baru ngetik ngetik hp... terus lanjutin lagi ngobrol sama gue.
kalo langsung tercicak tanpa aba aba kan aku jadi cengo, lagi ngomong, terus ditinggalin.
huhuhu...

i know, emang nangung ya kayanya kalo lagi ngobrol terus ada whatsapp penting masuk.
iya kalo penting, kalo ngga penting terus membuat gue cengo rango... bahhh!!!
sejak kejadian di rango-in,
aku selalu permisa permisi kalo lagi ngobrol & something comes up.
walopun yang ngajak ngobrol kadang kadang terus aja ngomong hahaha...
kalo gue rasa urgent banget, gue akan ninggalin tempat dulu sejenak,
then i'll be back ngga bersama arnold kok.

contoh kegangguan lain.

me & erw are movie lover. kita senengnya duduk di kursi deket aisle, top row.
we like the angle & erw kan gunduuut,
susah dia kalo suru permisi permisi duduk di pojok.
nah, udah dua kali nonton bioskop dalam waktu 2 bulan kemaren.
orang yang duduk di seberang aisle dari gue,
nyalain tabletnya pas film lagi diputer.
i mean... really?
ini orang gendeng kaliyah...

satu kali, biang keroknya adalah mas mas... mmmh,
mas kurus, kerempeng gitu. gue lupa mukanya kaya apa.
dateng sama pacarnya. i knew cause i was there before him.
terus dia duduk... brosing brosing tablet, gak ada masalah buat gue,
karna kan emang belum mulai film nya.
nah pas lampu udah mati & judul film udah tayang,
dia masih brosing. mmmh, okei, gapapa... pas mulai film nya udahan kaliya.
eh engga loh!!! sampe adegan adegan pembuka film, dia masih brosing tablet.
aku mulai kesyal, karna cahayanya ituloh.
gak enak banget, suasana gelap tapi kaya ada terang benderang yang nyangkut,
pas di ujung mata gue.

gue dengan keponya, penasaran. urusan macam apasih?
penting genting bikin keriting sampe mau nonton bioskop aja musti tetep diliat.
jadi aku ngintippp!!! sambil misah misuh, aku ngintippp!!!
dan brosing twitter loh nek... idihhh... malesin banget.
eh karna ngga boleh suuzon, jadi gue sempet mikir: ooo dia buzzer bernilai milyaran kali.

oh well... still, menurut gue kasar aja kaya gitu. alias ngga manner.
it's a cinema. kalo males atau masih pengen brosing,
ya diluar aja... gampang kan. gakusah bikin orang lain gue kesyeeel.
ganggu banget lohhh, apalagi kan layar tablet tu luas ya.
hhh... gue tunggu 3x dia buka tutup tablet, tadinya mau gue damprat.
tapi cuma 2x. in which masing masing takes about 15-20 minutes.
dasar 4L4Y *cemberut bimoli - bibir monyong lima senti*

kejadian kedua. kali ini ibu ibu, manis, berkerudung, dateng sama suami & anaknya.
SAMA PERCISSS... gue ngga nyangka *pasang emoticon melotot disini*.
gue pikir, karna ibu ibu, mustinya lebih digitally educated ya.
tau tempat, tau sikon, tau posisi... karna she's a mother of a tween,
mustinya tau gimana bersikap supaya leading by example.
but not.

si ibu ini nyalain tab brosing brosing iya, aku kepo lagi, aku ngintip,
di awal awal film pacific rim yang mana background adegan banyak yang gelap.
jadiii, itu sinar kehidupan tab nya terpampang nyataaa di ujung mata gue.
idih.
idiiih idih idih idih.
again, gue kasih kesempatan 3x, lalu niatnya akan gue damprattt.
but she did it twice, 5 menitan.
yaudah... lagi puasa *mengelus dada**dada ridho**ewwwh*

it's very simple, really.
kalo ngga niat nonton, atau ngga suka film nya,
atau lebih pentingin berkegiatan dengan gadgetnya,
atau males nonton karna temen sebelahnya bau badan,
yaudah keluar ajahhh... brosinglah dengan tenang, bbm, watsap,
gih dah... otherwise, switch off your gadget, please.

then i learn, money can't buy an attitude.
semuanya datengnya dari rumah, and it's my job now,
to decide, what kind of person will i raise.
dari tujuan itu, gue akan coba leading by example, tunjukkin ke mereka,
bahwa this is the mannered way to do things.

yaudah... keselnya udah selesai sekarang, soalnya udah kenyang abis buka puasa hahaha.

Comments

Anonymous said…
Digitally well mannered ituh pentiiiiing banget emang Mba Risti. Berkali-kali ditinggalin freeze ngadep ke layar handphone jugak. Haish kalo udah gitu saya panggil 3 kali kalo masih sibuk tanpa permisi sayah tinggal. Kalo di dalem bioskop sih emaaaang. Paraaaah...
risti said…
Yaolo daniii kalo bioskop tu asli ngeselin bangettt... Sampe rada bingung, mau marah atau ksian sama orang ini, eforia banget gitu deh ama tab nya :s
Anggi said…
Gw tergengges sama yang kalau nonton bioskop masih nyalain tablet!!!! Tapi kalau yang pertama gw kadang masih suka freeze juga sih. Sampe kadang suka ditoyor temen gw. :lol:
risti said…
ember nggiii... rasanya pingin gue pelototin zoom in zoom out, lempar tabnyah!!! hahaha...

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA