kinan: 1+ yo

di satu tahun lebih dikit,

in general
kinan udah ngerti kalo diajak ngobrol.
jadi kalo kita ngomong, dia angguk angguk sok ngerti,
kadang kadang pegang henfon, taro di kuping terus mumbling sendirian.
kalo ada space agak luas, dia belagak jadi bu kades.
keliling, semuanya diinspeksi, dipegang pegang.

udah bisa dimintain cium,
kita deketin aja muka kita ke muka dia,
kalo dia udah merasa akrab, ketika dibilang "kiss"
nanti dia doyong doyong cium. hihihi... so adorably cute!

paling seneng nemplok di pangkuan gue, badannya ngadep gue,
terus uyek uyek muka ibunya.
rambut gue diacak acak,
yang ahirnya senderan santai sambil ngempengin jempol.

loves corn flakes, yang dia sebut sebagai "koko".
likes salty better than sweet.
makannya susah kalo lagi nggak mood, tapi kalo dia mood,
gampang bener mangapnya.

she loves school!
sambil anterin arka kadang kadang gue biarin dia keliling kelas,
she's excited!
liat bu gurunya aja dia nyengirrr...
kadang suka diajak main sama temen arka yang cewe cewe,
mungkin mereka seneng liat ada anak cewe baru, tapi kok bentuknya kecil.
hihihi... lucu banget kalo liatin si kakak-kakak 3 tahun itu liatin kinan,
terus si kakak kakak nya pada cekikikan pas gue suruh kinan pamit salim.

on words
she reads books!
udah mulai ngerti konsep buku dan udah bisa 5 menit diem duduk pegangin buku.
kadang kadang inget kosakata gue gue ajarin,
selain "aka" yang udah jelas banget dia ucapin sebelum satu tahun.

sekarang udah bisa nerusin kata kalo gue nunjuk gambar.
kupukuuu... pu.
i... kaaahhh (maksudnya ikan).
gaaa... jaaa.
aaan... jiiihhh (maksudnya anjing).
suuu... saaa.
susu, nak... susu, bukan susahhh.
dalam hati gue curcol: biar mamah aja yang susah yaaa nak, nyari duit buat kamu.

ini maaa... mahhh *nunjuk nunjuk gue*
ini kiii... nyaaah (maksudnya kinan) *nunjuk nunjuk perutnya*

bobo *ngeloyor ke kamar*
akuk! akuk! (maksudnya ikut) *sambil minta gendong*
yu'... yu' *sambil geret tas gue menuju pintu sambil nyengirrr*
menum menum *nunjuk ke arah dispenser*

hihihi... cerewettt kamu nak!

on growth
giginya tambah satu dibawah
yang diatas, however semakin gede gede dan masih renggang didepan.
gak apa apa, nanti gedenya jadi model yah kin...

badannya masih gempal gempal gundud,
enak banget kalo dipeluk,
tapi udah agak gak enak kalo gendong tangan satu.
fegelnyooo...

on temper
kinan seneng sekali ngerebut apa yang lagi dipegang arka.
kalo uda gini, gue agak keras membuat dia mengerti,
if you want it, you should ask nicely. ngga ada cara lain.
AND, you should share.
treatment yang sama untuk kakaknya.

kinan marah kalo mainannya direbut, atau kalau mau rebut mainan arka tapi kalah berantem.
dan kalau mau minta sesuatu dan ngga dikasih.
paling sering rebutan dompet sama gue.
setiap kali berhasil keluarin dompet dari tas, dia pasti nyengir.
terus pas mau gue ambil, dia protes, jadi kita rebutan dompet.
of course i win, sambil telunjuk sakti, bahwa dompet ini punya ibu ibu.
kalo udah kalah gitu, biasanya dia akan goler goler di lantai.
anak siapa iniii... haaahhh!
tadinya para nanny pasti ladenin kalo lagi goler goler ngambek.
suatu hari gue terapkan peraturan baru,
kalo kinan goler goler, taro aja kepalanya di lantai, terus tinggalin.
works like magic! hhahaha...
dia yang lagi ngambeg lama lama merasa ngga ada audience nya,
terus berenti sendiri, bediri sendiri, terus main yang lain lagi.
hahaha... bayikkk...
tapi untungnya temper nya belum terlalu liar untuk dikendalikan.

and on discipline
sabtu kemarin sentil perdana. fffuuu...
kita lagi makan, dimeja banyak piring dan cutleries lengkap.
kinan dipangku gue, ngacak ngacak semua yang ada di atas meja.
udah gue bilangin berkali kali,
ini makanan di meja pedes, kin. jangan dipegang (sambil ngalihin tangannya dari meja)
ini bayi ngeyel... setelah 324,875 kali dilarang,
tangannya yang usil itu hampirrr nemplok keatas makanan india yang pedes.

gue sentil. dia kaget.
di seberang meja, sepupu gue ikutan kaget.
kinan bibirnya langsung manyun kebawah,
matanya nunduk, ngga berani liat gue,
pas gue bilangin baik baik "pedes, kin. ko ngga nurut mama ya daritadi?"
dia doyong doyong ke dada gue sambil matanya berkaca kaca.
yaudah deh, ibu mimut si ratu keji lonyot jugak.
gue peluk, gue minta maaf, asking her not to mess up the table,
and gave her the water bottle she can play with.

since kinan is pronounced to be the last child (amin),
i'm enjoying every moment of the last teething, and last "first of everything".
rasanya gimanaaa gitu deh, knowing ngga berapa lama setelah ini,
parenting challenge nya bukan cuma "first of",
tapi mungkin udah berlipat karena pasti akan ditambah sama faktor eksternal.
peer, society, media... yang rumit rumit gitu deh...
so ready, hosting the wild wild world for my two kids.
bismillah... i wish you wouldn't have to grow up so fast, baby!


Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA