arka and kinan: two-year-old and six-month-old

highlight nya kali ini:
masa ini adalah masa masa pendidikan

arka 
has (almost) completed his toilet training
walaupun gue pesimissstisss pada awalnya
tapi gue tetep manisss lohhh

kita udah mulai training sekitar 3 bulan lalu
sebelum dia gong ulang tahun kedua
caranya sih standar
biasain dia non diapers sehari hari
jadi biarin dia ngerasain basahnya kena pipis
atau ngga nyamannya kena pup

pas awal awal, dia masih cuek bebek
mau pipis, mau pupi... terus ajaaa main
padahal lulski udah kalang kabut gotong gotong arka ke wc dan ngepel

eh lama lama dia risih sendiri HOREEE...
kalo abis pipis, dia langsung protes protes minta lap, minta tisu
terus minta ke kamar mandi untuk basuh basuh
gue agak optimis disitu, karena ketidaknyamanannya dia adalah pangkal sukses gue

abis dia ulang tahun, gue sempet bilangin:
sekarang arka udah kakak kakak
kalo pipis, kalo pupi harus bilang
karena kalo kakak kakak pipis pupi nya di wc
ngga sembarangan dimana mana

eh ter hore banget hati gue pas sore tadi diceritain
buguru dian lapor, arka tadi minta ke wc karena mau pupi
subhanallah anakku
i'm so proud of you!

kinan
surprisingly udah bisa setengah bediri
hooo...
agak membuat gue serem karena mustinya baru bisa onggong onggong sambil mau duduk
eh kok si nona poni ini tiba tiba udah bisa pegangan hanya dengan satu tangan,
sambil badannya doyong doyong

i'd say, the best motivator is her big brother
jadi setelah gue perhatikan,
kemanapun arka lari lari, si kinan tu kepalanya ikutan muter muter
kaya kepingin ikut gitu... ihihihi *cubit*

pendidikan lain yang juga lagi penting adalah carseat
here comes carseat tantrum. part two sodara sodaraaahhh
stop watch nya masih berkisar di 30 menit berkendara
gue rasa cukup dulu untuk awal awal ini
karena kita emang cuma punya satu carseat dan kemarin kemarin masih di dominasi arka
jadi bisa dibilang kinan baru kali ini perdana dikenalin ke carseat
agak telat yeee... uhuk... karena arka udah dari 2 bulan gue biasain di carseat

however carseat rule ini ngebantu gue banget
karena emang gue banyak nyetir bareng anak anak
jadi agak spaneng juga kalo ada yang ngga tertib di mobil
apalagi kalo udah mulai pindah depan-belakang-depan-belakang
loncat loncatan di jok
pencat pencet pencat pencet... hhhmmmfffttt

makanya sengaja beli carseat yang newborn,
supaya sekecil mungkin, anak anak udah dibiasain duduk manis di mobil
buat gue, penerapan disiplin itu paling ideal adalah sebelum mereka mengerti dan sadar
disini gue coba membangun persepsi anak anak
hell this sounds serious ya hahaha

tujuan akhirnya sih selain for safety reason
adalah supaya pengertian mereka atas naik mobil adalah duduk manis
and yes, pada dasarnya gue agak hitler ajasih...

seminggu terakhir ini kinan 3 kali ngamuxxx dimobil
dan gue diemin... uhuk
gue yang lagi nyetir
dengan sok cool nya bilang ke sicus: biarin aja dulu, jangan digendong. 5 menit lagi

inilah bedanya anak pertama dan kedua, yang baru gue temui
di anak pertama, rasanya kok tega tega aja gitu...
karena mental masih sekuat baja
masih segerrr untuk terapin aturan sedini mungkin
naik mobil adalah duduk manis di carseat

lha tapi kemarin, pas kinan ngamuxxx,
hati gue tu ngilu ngilu gitu loh uhuk
udah mana dia kalo nangis berdrama lagih... me-ehhh
jadi nangisnya tu pilu gitu nadanya,
pake sengguk senggukan lagi uhuk

pas gue perintahin untuk diemin kinan di carseat,
gue sengaja ngga mau liat ke belakang sa ma se ka li
karena pasti hatiku rontokkk
liat muka nya yang lucu, matanya yang bulet gini berlinang linang airmata
uhuk





ngga apa apa ya nak sayang, mama galak dikit sekarang yaaa
nanti lama lama kinan pinter duduk di mobil kaya mas arka ya
cuppp cuppp

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA