setengah dukun

awalnya dari sini:
my mom laughed out loud, to the moon and back
sampe muka nya merah pas diceritain ini

i know, rite... oon banget gue malah nyeletuk B29 arggghhh
dalam hal B29 itu, gue cuma pingin keliatan ngga oon aja sih sebenernya
knowing he's a good doctor, pasti sering ketemu ibu-ibu canggih lainnya
and that intention turns out totally the opposite

sejujurnya dokter bukanlah sesuatu seseorang yang akrab sama hidup gue
makanya gue gregori gimanaaa gitu kalo ketemu dokter huhuhuk
and in 29 years living, tersering gue ke dokter adalah the last 2-3 years
dari cek up hamil bulanan, sampe bawa anak-anak imunisasi

i was raised by my mom, yang jarang banget pake obat-obatan pabrik
yang cuma ke dokter untuk imunisasi dan berjiwa setengah dukun
as when i got sick, gue cuma dibiarin istirahat, dibeliin makanan-makanan yang gue suka
ditungguin tidur, sambil dipijetin kakinya

hasilnya not bad banget...
gue lumayan jarang sakit
cuma di opname 1x seumur hidup: waktu induksi melahirkan kinan
dan alhamdulillah ngga pernah rawat inap karena sakit
the worst sickness i had was digigit kelabang di kaki, sampe infeksi dan jalan pincang selama 2 bulan
selebihnya, cuma anemia, demam, masuk anjing, flu, pilek, dan penyakit cupu lainnya
as i recall back to my childhood, gue telah tumbuh sebagai anak bu dukun

and that dukun thing, now called rational use of medicine (RUM)
soal ilmiah teknis nya googling ajadeh ya pembaca yang budiman
gue si cuma bagian cetek nya aja
betapa consideration ini mewarnai cara gue dalam mengasuh anak-anak gue
and how much i'm grateful, to have found dr waldi N spesialis anak
yang mana jiwanya dukun juga

gue ngga akan bilang metode dukun ini cocok untuk setiap orangtua & anak ya
kan cara nurturing nya beda-beda
menurut gue, hal-hal seperti ini sih dikembalikan ke nyamannya orangtua dan anak
karena untuk jalanin metode dukun ini, hatinya harus tenang (dan tega)
nah kalo hati orangtuanya udah panik sama rewel nya anak,
ngga tega ngeliat anak tergolek lemes,
sambil kepikiran setumpuk pekerjaan yang bakalan tertunda
ya sah-sah aja sih untuk segera ke DSA masing-masing

terakhir kali arka panas, gue usahakan tetap tenang & standing by beside him
biarin dia dijemur matahari pagi
gue kasih cairan terus-menerus, dan any kind of food yang dia mau
for the first 3 days, gue cuma monitor & kasih arka obat dukun (postingan menyusul)

di malam ke-2 panas nya sampai 40+ celcius dan ahirnya gue kasih parasetamol
setelah panas nya serta merta menurun, di hari ke-4 dia diare!
gue terusin kasi cairan terus menerus
dia udah ngga mau makan apa-apa
susu pun diencerin banget supaya diare nya ngga makin menjadi
arka rewel gilakkk karena perutnya mules
dan tidurnya putus-putus karena diare nya menyerang once every 5 minutes
ahirnya kita bikinin kaldu kentel untuk asupan energi nya
baru hari ke-7 kita ke dokter

panas nya udah turun, sisa lemes & diare nya aja
and guess what? ngga dikasih obat
advice nya cuma terus dikasih cairan supaya ngga dehidrasi
lemes-lemesan ini bisa berlangsung sampai kurleb 2 minggu
dan resep ultimate nya: "ibu sabar aja ya"
DUWERRR...

emang sih gue ngga tega banget liat arka sakit gitu
i think all parents do
tapi tetep aja gue milih metode setengah dukun ini, dibanding banjiran produk farmasi
maybe i was raised by this method
makanya gue ngga terlalu worry ketika anak-anak kena common cold
which can strike toddler 10 times in a year by the way, sering yah bu?!

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA